Poison Dart Frogs

Yellow banded poison dart frog

Bumble Bee Frog

Yellow banded poison dart frog di kenal dengan sebutan bumble bee dart frogs karena warnanya yang memang kombinasi kuning hitam mirip lebah dan tubuhnya yang lebih terlihat gemuk di banding genus Tinctorius. Pada forum-forum diskusi katak penyebutan sering di singkat dengan “Leucs” Arti nama leucomelas sendiri adalah hitam dan putih, pemberian nama tersebut mungkin saja karena ketika spesimen di awetkan warna kuning memudar dan menjadi putih.

Distribusi

Bumble bee (Dendrobates leucomelas) tersebar di hutan-hutan hujan tropis negara Venezuela, Brazil dan Colombia, Amerika Selatan. IUCN menetapkan status “Least Concern” terhadap penyebaran dan ketersediaan Leucs di habitat asli.

Behavior

Menurut pengamatan kami selama di penangkaran, Leucs memiliki sifat cenderung semi arboreal karena mereka sering kali terlihat memanjat bagian-bagian atas vivarium contohnya pada kayu ataupun batu yang sengaja di pasang. Mereka adalah katak yang sangat aktif dan muncul pada siang hari (diurnal) atau pada saat lampu di nyalakan.

Berkembang biak

Mereka berkembang biak dengan cara “courting”. Ritual perkawinan ini unik, karena ketika si pejantan mulai mengeluarkan suara (memanggil) maka si betina akan meng-elus punggung jantan untuk memberi tahukan bahwa dia sudah siap untuk bertelur. Mereka rata-rata haruslah berumur 1 tahun ke atas untuk mulai mampu bertelur (berkembang biak).

Beberapa jenis Yellow banded poison dart frog

Dendrobates leucomelas ‘Venezuelan’

Yellow banded poison dart frog
Yellow poison dart frog dendrobates leucomelas (Venezuela)

Morp yang di percaya berasal dari Venezuela memang agak sedikit berbeda dari corak warna. Warna hitam dengan motif acak tampil sebagai corak dominan.

Jenis ini adalah jenis yang paling umum yang sering di pelihara oleh penghobi di US.

Dendrobates leucomelas ‘Fine Spot’

Masih berasal dari Venezuela, jenis morp ini agak lebih kecil dari Leucs lainnya. Memiliki motif corak hitam yang sangat halus dan mereka sangat mudah beradaptasi dengan enclosure (vivarium).

Warna mereka lebih cerah ketimbang Leucs lainnya, menjadikan morp ini lebih mahal ketimbang morp lainnya. Leucs pada morp ini sangat aktif dan lincah ketika berada di dalam penangkaran.

Yellow banded poison dart frog

Dendrobates leucomelas ‘Blue Foot’

Sumber : pinterest.com adding by @dartfrogconnection

Di kenal dengan sebutan “Cerro Autana leucomelas”, Jenis morp ini adalah jenis yang paling langka di dunia. Warna mereka mencolok, dengan warna hijau muda menutupi garis kuning tradisional, dan memiliki warna biru muda pada jari-jari kaki. Mereka bahkan dapat memakan waktu 2-3 tahun untuk menjadi dewasa, dan berkembang biak lebih jarang daripada leucomelas morph lain. Telur cengkeraman umumnya hanya berjumlah 2-4 butir telur.

Dendrobates leucomelas ‘British Guyana’

Merupakan jenis morp yang memiliki ukuran tubuh paling besar dari semua morp Dendrobates leucomelas. Mereka berasal dari British Guyana dan mulai populer di awal tahun 2000 an. Mereka juga bertelur lumayan lebih banyak dari morp lainnya, yaitu sekitar 8 sampai 12 butir telur. Ciri khasnya adalah warna hitam yang sangat dominan memenuhi bagian dari tubuhnya ketimbang warna kuning.

Dendrobates leucomelas ‘Banded’

Merupakan Jenis yang saat ini banyak beredar di Indonesia. Female pada morp ini sangat besar dapat berukuran sekitar 2 inchi lebih. Mereka memiliki clutch telur yang besar dan banyak. Sekitar 15 sampai 20 butir. Jenis ini memiliki ciri khas corak hitam yang teratur dan tidak berbentuk acak batik seperti morp Leucs lainnya.

Untuk mengadopsi katak-katak lucu ini kalian bisa klik disini

Zico Ekel

Zico merupakan penghobi katak yang telah berhasil mengembangkan banyak jenis katak lokal maupun impor di penangkaran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button