Micro FrogPoison Dart Frogs

Vanzos, Brazilian dart frog

Vanzos, Brazilian dart frog atau dikenal dengan “spotted poison frog“. Merupakan salah satu species dari genus Ranitomeya yang memiliki corak unik pada keseluruhan tubuh mereka. Dulu mereka di golongkan pada Genus dendrobates. Warna aposematik mereka sangatlah kuat dan seakan memperingati predator agar jangan menyesal nantinya jika memakan mereka!.

Mereka di deskripsikan pertama kali oleh Myers pada tahun 1982.

Scientific name mereka adalah Ranitomeya vanzolinii untuk menghormati seorang herpatologis yang bernama Paulo vanzolini.

Distribusi

Habitat mereka tersebar di hutan hujan tropis Brazil dan Peru yang sangat lembab,berkabut namun tidak pada daerah tinggi (low land forrest).

Morfologi singkat

Vanzos, Brazilian dart frog
Ranitomeya Vanzolinii di penangkaran Dunia Anura

Ranitomeya vanzolinii adalah tergolong katak berukuran kecil (micro). Panjang dewasa hanya mencapai 16.7 sampai dengan 19mm. Betina berukuran 17mm dan lebih besar sedikit dari pejantan. Tubuhnya berwarna dasar hitam dan di penuhi oleh bintik kuning pucat/muda.

Pada kaki (tungkai) terlihat corak retikulasi biru dengan latar belakang hitam. Dunia Anura melihat adanya sedikit perbedaan (mungkin perbedaan morp/locality). Pada bagian kaki, beberapa dari mereka berwarna seperti agak muda dan biasa di sebut sebagai varian silver.

Behavior

Katak ini tergolong sebagai arboreal poison frog yang di temukan berada di atas pohon setinggi 2 meter bahkan 6 meter dari permukaan tanah (Caldwell dan De Oliveira,1999).

Biparental pada Vanzos, Brazilian dart frog

Keunikan yang lain adalah Vanzolinii tergolong dengan Biparental dimana Jantan dan Betina sama-sama mengambil peran dalam menjaga dan merawat telur mereka. Dimana sang jantan akan menjaga telur lalu mengendong berudu dan menaruhnya di bagian air. Betina bertugas untuk memberi berudu makan dengan telur yang tidak di buahi.

Teritorial

Pejantan Ranitomeya vanzolinii memiliki wilayah teritorial. Mereka terlihat sering mengeluarkan suara untuk menandai dan memperingati penjatan lain agar tidak memasuki wilayah mereka.

Adopsi dan care sheet

Jika Anurans berminat untuk mengadopsi Ranitomeya vanzolinii silahkan klik di link ini

Zico Ekel

Zico merupakan penghobi katak yang telah berhasil mengembangkan banyak jenis katak lokal maupun impor di penangkaran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button