Info Amfibi

Tinctorius “citronella”,si kuning yang berani,

Dendrobates tinctorius “citronella” atau biasa di sebut sebagai “Dyeing poison arrow frog” merupakan salah satu dari banyak morp genus Tinctorius.

Morfologi singkat D.tinctorius citronella

Secara umum Cintronella memiliki banyak kemiripan dengan banyak morp Tinctorius lainnya. Namun mereka memiliki cirikhas mencolok dimana hampir seluruh tubuhnya berwarna kuning solid cerah dan kaki yang berwarna biru tua. Tinctorius citronela juga memiliki bercak hitam di bagian Dorsal yang biasanya hanya ada sebuah yang berbentuk beragam. Citronella juga memiliki bagian dada dengan warna biru tua yang menawan. Pada wild caught (WC), D.tinctorius “citronella” sangat beracun terlihat jelas dari warna mereka yang sebetulnya adalah warning bagi predator mereka. Racun yang mereka kembangkan dari serangga beracun yang mereka temukan di alam liar, membuat mereka menjadi salah satu hewan yang paling beracun dan di jadikan senjata oleh suku-suku asli Suriname.

Betina tampak memiliki ukuran yang lebih besar sedikit dengan bagian punggung yang lebih naik ketimbang jantan.

Distribusi

Dendrobates tinctorius “citronella” tersebar luas di hutan hujan tropis Suriname. Mereka di percaya masih tergolong aman dan masih banyak ditemukan di daerah tersebut. IUCN telah mendata jenis ini dengan status LC (Least concern)

Behavior

Dendrobates tinctorius “citronella” merupakan katak yang mudah di pelihara dan menjadi pilihan yang baik untuk pemula. Mereka sangat berani dan percaya diri ketika di pelihara di dalam Vivarium. D.tinctorius “citronella” aktif pada siang hari (Diurnal) dan dapat di pelihara secara bersama-sama (Communal) hanya saja perhatikan aspek ratio, karena betina sering terlihat agresif terhadap betina yang lain dan kemungkinan bergulat yang bisa berakibatkan fatal.

D.Tinctorius citronella
Dendrobates T “citronella” di captivity

Katak ini sangat aktif, mereka terus menerus mencari serangga baik ketika mereka di alam atau di dalam vivarium. Karenanya gizi yang baik serta ketersediaan pakan sangat menjadi suatu keharusan.

Reproduksi D.tinctorius “citronella”

Dendrobates tinctorius dewasa akan mulai berani naik ke atas bebatuan atau kayu untuk mulai memanggil “Calling” dengan suara yang sangat halus dan kecil. Kemudian betina akan mengelus punggung si jantan untuk memberi tahu sang pejantan bahwa mereka siap untuk kawin. Peristiwa ini di namakan sebagai courting.

Jika kalian tertarik untuk mengadopsi katak cantik ini, klik disini

Zico Ekel

Zico merupakan penghobi katak yang telah berhasil mengembangkan banyak jenis katak lokal maupun impor di penangkaran.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button