Info Amfibi

Say Hello to Hemisus marmoratus

Halo anurans, kali ini Dunia Anura frog room di datangi oleh katak mungil lucu yang sangat unik. Katak dari species Hemisus Marmoratus yang di kenal juga dengan nama “Marbled snout-burrower” atau Mulut marmer penggali. Beberapa sebutannya juga adalah mottled shovelnose frog dan marbled shovelnose frog. Iya memang katak ini burrower banget guys.

Suka gali-gali tanah dan bersembunyi. Mulutnya yg berbentuk seperti tikus menjadikan katak ini sangatlah lucu dan layak untuk di buatkan Bioactive Enclosure yang cantik. DI lain kesempatan kita akan bahas nanti gimana cara buat enclosure yang tepat untuk katak ini.

Klasifikasi : Katak ini berasal dari keluarga Hemisotidae yang uniknya keluarga ini hanya memiliki satu genus yaitu Hemisus. Genus Hemisus di cirikan dengan tubuh yang bulat, memiliki paruh yang berbentuk sekop yang memang berguna untuk menggali dengan cepat. Walaupun burrower, katak ini dapat melompat lumayan tinggi lho.Karena kaki belakang dan depan mereka bisa tergolong sangat kuat. Mengumpulnya tulang pada bagian kepala mereka (Istilahnya Rinophrynus) memungkinkan si Shovelnose menggali dengan cepat.

Cara berkembang biak

Menurut informasi dari amphibiaweb.org katak ini bertelur di bawah tanah saat musim kemarau (di kubur). Si katak sudah mengukur waktu musim hujan hingga ketika musim hujan datang dan menggenangkan air, berudu bisa mengikuti arus air pendek menuju ke genangan-genangan air. Atau katak dewasa khususnya pada Jantan akan menggendong berudu menuju ke genangan-genangan air. Perilaku sexual mereka adalah Inguinal amplexus atau Bagaimana sang jantan memegang pada bagian pinggangnya.

Dunia Anura frog room sudah memulai mempelajari jenis katak ini untuk hidup di dalam ex-situ conservation. Dan katak ini aktif di malam hari (nokturnal) sangat mudah stress namun memiliki daya tahan tubuh yang sangat kuat.

Anda dapat mengadopsi mereka dengan mengunjungi halaman ini

Kami akan segera membuat care-sheet pemeliharaan yang sempurna untuk mereka. Care-sheet akan di umumkan di website ini maupun di akun resmi Instagram Dunia Anura.

Zico Ekel

Zico merupakan penghobi katak yang telah berhasil mengembangkan banyak jenis katak lokal maupun impor di penangkaran.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button