Micro FrogPoison Dart Frogs

Red head poison frog

Red head poison frog dengan nama ilmiah “Ranitomeya fantastica” merupakan poison frog yang berukuran micro. Ditemukan pertama kali oleh Boulenger pada tahun 1083. Spesimen pertama ditemukan dekat kota Yurimaguas, Peru.

Distribusi

Menurut literasi, katak ini tersebar di bagian utara San Martin dan Loreto selatan, Peru Amerika Selatan. Mereka hidup di ketinggian 150 sda 900 meter. Katak ini di kategorikan pada keluarga Dendrobatidae

Morfologi singkat

Katak ini termasuk berukuran kecil yaitu kira-kira 20mm SVL. Dorsum dan venter dari kepala dan kaki depan berwarna kuning yang di batasi dengan garis berwarna putih. Sisanya berwarna hitam, memiliki retikulasi abu-abu.Pada jantan, terlihat “sub gular vocal sac”, Boulenger 1884.

Katak ini memiliki beberapa varian morp yang menawan. Di antaranya adalah True Nominal, Highland morp, White Banded, Reticulated dan varadero. Pada tanggal 6 september, Dunia Anura berhasil mendatangkan mereka dari Peternak poison frog Eropa. Yaitu morp True nominal.

Katak betina terlihat lebih panjang dan lebih lebar (gemuk) di bandingkan katak jantan. Katak jantan memanggil dengan cara mengeluarkan suara.

Ranitomeya fantastica sedang berburu

Red head poison frog Behavior

Aktivitas mereka tergolong semi arboreal dan mereka bertelur di bagian-bagian atas pohon rendah. Mereka men-deposit-kan kecebong mereka dengan me-manfaatkan tanaman yang memiliki lubang di bagian tengah. Contoh: bromelia.

Telur dapat di temukan pada lubang-lubang pohon, tempat yang mereka nilai aman untuk mereka melepaskan telur maupun berudu.

Selama di penangkaran, kami sering juga menemukan mereka berada di bagian bawah kandang (terestrial). Walaupun demikian, mereka tetap kami kategorikan sebagai Arboreal poison dart frog. Karena sebagian waktu mereka hidup di bagian atas terrarium.

Mereka bertelur 2 sampai dengan 6 butir per clutch.

Adopsi dan Care sheet Red head poison frog

Jika kalian tertarik dengan katak lucu ini, silahkan klik disini untuk adopsi

User Rating: No Ratings Yet !

Zico Ekel

Zico merupakan penghobi katak yang telah berhasil mengembangkan banyak jenis katak lokal maupun impor di penangkaran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button