Care Sheets

Rachophorus Reinwardtii Care Sheet

Rachophorus Reinwardtii Care Sheet

Salah satu katak yang sangat di rekomendasi untuk pemula adalah Rachophorus Reindewardtii atau katak Pohon hijau terbang karena katak ini kuat dalam berbagai perubahan lingkungan extreem.

Walaupun demikian, bukan semerta juga keeper tidak mempelajari terlebih dahulu Rachophorus Reinwardtii Care Sheet yang benar. Katak pohon yang di anggap mudah bukan berarti dapat di pelihara sembarangan. Katak memiliki mekanisme tubuh yang sangat komplex serta rentan dalam segala hal.

Karena itu katak di sebut-sebut sebagai indikator kebersihan maupun indikator tercemar atau tidaknya suatu lingkungan. Dengan kata lain, dimana ada di temukannya katak, setidak-tidaknya lingkungan tersebut masih dalam kategori bersih.

Katak ini sering di temukan di daerah provinsi Jawa Tengah. Gunung Unggaran merupakan gunung yang terletak di kabupaten kendal, Jawa Tengah. Katak ini banyak di temukan di vegetasi menengah seperti pohon-pohon kopi dan lain-lain.

Mengetahui dasar tersebut, Dunia anura memulai project breeding dan berhasil mengeluarkan produk F1 dan akan terus mengembangkan katak ini hingga kelestariannya dapat terjaga. Rachophorus Reinwardtii Care Sheet di buat dengan tujuan edukasi pemeliharaan species katak ini dengan benar.

Morfologi

Rachophorus Reinwardtii Care Sheet
Posisi Amplexus katak pohon hijau.

Katak pohon hijau dewasa, sesuai dengan namanya berwarna dominan hijau yang berukuran kecil sampai sedang, dengan ukuran kepala yang besar. Pada punggung berwarna hijau dan pada bagian samping, tangan dan kaki berwarna kuning atau oranye.

Pada pengamatan Dunia Anura, katak pohon hijau jantan memiliki tubuh yang lebih kecil dari jantan. Katak jantan mencapai maksimal 45-52 mm sedangkan katak betina dapat mencapai 55-75 mm. Dapat di ambil kesimpulan jika katak betina bisa dua kali lebih besar daripada katak jantan.

Behavior

Katak pohon hijau merupakan katak Full Arboreal, dimana katak ini jarang di temukan di bawah enclosure. Sehingga pilihan enclosure yang baik untuk katak ini adalah setingan arboreal frog. Dengan kombinasi batang maupun daun yang baik akan menciptakan kandang yang sesuai untuk katak pohon hijau.

Social Behavior

Katak pohon hijau adalah katak yang hidup berkoloni (communal type). Maka untuk memelihara katak ini tidak di anjurkan jika hanya memeliharanya seekor saja. Jika Anurans tetap memaksakan hal tersebut, resiko stress dapat terjadi dan tentu saja dapat menurunkan imunitas yang berakibatkan meningkatnya resiko sudden death.

Walaupun demikian, katak pohon hijau juga memiliki ratio dalam pemeliharan mereka. Selama di frog room dunia anura, saya mengamati bahwasanya katak jantan memiliki dominan dan sering terjadi persaingan wilayah terutama pada musim kawin. Perebutan wilayah bisa karena sumber makanan maupun perebutan female.

Untuk ratio yang telah kami kembangkan di Dunia Anura, maka kami mendapatkan ratio yang terbaik dalam memelihara katak pohon hijau adalah 20 cm per satu ekor katak dewasa.

Calling

Katak pohon hijau memiliki 6 tipe suara yaitu antara lain

  1. Panggilan kawin pendek (short advertisement call)
  2. Panggilan kawin panjang (long advertisement call)
  3. Suara jantan saat amplexus (amplexus call)
  4. Suara untuk menyatakan teritori (teritorial call)
  5. Suara katak jantan saat berkelahi dengan pasangan amplexus (fight call/ distress call)

Pemeliharaan

Katak Rachophorus Reindwardtii akan survive bahkan mencapai aklimasi jika kita memelihara mereka dengan beberapa syarat kondisi di bawah ini

Suhu, suhu yang terbaik untuk Rachophorus Reindewardti ada di kisaran 20 derajat celcius sampai dengan 29 derajat celcius. Dunia anura melakukan beberapa penelitian sederhana dan berkesimpulan sebagai berikut.

Rachophorus Reinwardtii Care Sheet
Tabel perbandingan hasil perawatan dengan suhu tertentu

Kelembapan, Seluruh jenis tree frog tidak meminum air langsung seperti reptil atau jenis hewan lainnya, namun mereka menyerap air dari kelembapan sekitar melalui kulit.

Memelihara mereka tidak memerlukan penempatan water dish. Jika membuat water dish untuk menunjang kelembapan tidak masalah. Oleh sebab itu, konsistensi kelembapan adalah sesuatu yang penting dan sangat krusial. Peralatan misting system otomatis sangat saya rekomendasikan untuk menjaga konsistensi kelembapan.

Beli satu set peralatan misting di tokopedia Dunia Anura

https://tokopedia.link/1L1YZGhSmab

Berikut ini hasil dari pantauan kami selama membiakan jenis Rhacophorus Reindwardtii.

Rachophorus Reinwardtii Care Sheet
Rachophorus Reinwardtii Care Sheet

Enclosure (kandang)

Walaupun tingkat stress termasuk rendah, namun sebaiknya untuk mencapai hasil maksimal sebaiknya kita membuat enclosure yang sesuai dengan perilaku mereka yang kita tau bersama bahwa katak pohon hijau merupakan katak yang bersifat arboreal (namanya juga katak pohon). Maka sangat lah penting untuk membuat ukuran enclosure dengan tipe meninggi ketimbang melebar.

Jika memanipulasi enclosure dengan ketinggian ketimbang lebar, maka katak tersebut akan naik ke bagian-bagian atas dan merasa mereka aman dan tingkat stress akan menurun jauh. Berikut ini adalah contoh tank pembesaran reindwardtii kami.

Pencahayaan Kandang

Pencahayaan paling baik untuk katak hijau terbang adalah pencahayaan LED. Jika anda memilih penggunaan UVB maka ukuran 2.0 adalah masuk tahap aman. Katak tidak memerlukan cahaya UVB seperti layaknya beberapa jenis reptil.

Pencahayaan sebaiknya dalam durasi 12 jam, karena katak pohon hijau mendapatkan cukup waktu untuk beristirahat ketika lampu menyala.

Feeding/Gizi

Pemberian pakan atau gizi sangat penting sekali. kalian wajib untuk menambahkan suplemen tambahan karena mereka tidak mendapatkan variasi makanan seperti di alam. Beberapa makanan yang sangat di rekomendasi untuk katak Juvenile maupun adult adalah sebagai berikut.

  1. Jangkrik alam (Acheta Domesticus) atau jangkrik Seliring (Teleogryllus Mitratus) berukuran medium maupun besar. Kami tidak merekomendasi jangkrik lain dari jenis di luar itu. Kedua jangkrik di atas jarang mengeluarkan cairan dan tidak terlalu berbau.
  2. Kecoak Turkish (Blatta Lateralis) berukuran medium hingga dewasa.
  3. Kecoak Dubia (Blaptica Dubia) berukuran medium.

Beberapa aspek penting dalam pemberian makan di antara lain adalah sebagai berikut

  1. Katak pohon hijau tidak dapat memakan makanan yang tidak bergerak (makanan mati) karena mereka hanya mengganggap semua yang bergerak dan dapat masuk ke dalam mulut mereka adalah makanan. Karena itu penting untuk mengetahui ukuran pakan yang di rencanakan.
  2. Boosting up, Katak di penangkaran apalagi di dalam enclosure, tidak mendapatkan variasi makanan seperti layaknya di alam. Kita harus menyediakan itu dengan cara Boosting up. Boost up bisa menggunakan beberapa cara. Bisa dengan cara “Dusting” melaburkan booster makanan ke pakan hidup (jenis-jenis pakan seperti yang sudah di sebutkan di atas) ataupun dengan cara “Gut load” memberi makan pakan terlebih dahulu.
  3. Dusting bisa menggunakan Calcium reptile untuk mencukupkan kebutuhan kalsium yang sangat di perlukan untuk pengkuatan kaki (mereka pelompat) dan tulang belakang.
  4. Booster dapat menggunakan booster yang memiliki vitamin-vitamin penunjang seperti A,D3,E,B1,B2,B6,B12,K3 dan berbagai mineral lainnya. Kami menggunakan Samurai Pacman Food sebagai boosting pakan. Anda dapat membeli pakan samurai pacman food di situs ini maupun melalui tokopedia.
  5. Berilah pakan saat mereka aktif, karena katak pohon hijau aktif pada malam hari (pada saat lampu padam), maka sebaiknya melepas pakan pada malam hari atau pada saat pencahayaan di enclosure padam. Sehingga mereka dapat langsung menyantap makanan yang ada di dalam enclosure.
  6. The Hunter, tak perlu kuatir kalian dapat memberi mereka makanan dengan cara melepaskannya di enclosure secara merata. Katak pohon akan berburu. Sebaiknya pikirkan dengan sifat teritorial katak ini pada jantan, sehingga adalah sangat bijak jika kita dapat membagi pakan pada masing-masing wilayah teritori enclosure, sehingga pembagian pakan dapat merata (semua katak makan). Jika kalian amati mereka (khususnya jantan) akan menempati posisi-posisi tertentu di dalam enclosure. Posisi-posisi tersebut yang saya maksud dengan wilayah teritorial tiap katak jantan.

Pemeliharaan Froget hasil breeding Dunia Anura

Dunia anura telah berhasil membiakan katak pohon hijau di frog room dunia anura. Froglet dari katak pohon hijau belum berwarna hijau namun lebih ke abu-abuan dan memiliki bintik-bintik hitam di bagian punggungnya.

Jika anda memutuskan untuk memelihara katak pohon hijau hasil pembiakan kami (captive breed), maka perlu memerhatikan beberapa aspek di bawah ini.

pelajari perbedaan CB (captive breed) dan WC (wild caught) disini

  1. Pemberian makan froglet katak pohon hijau dapat menggunakan jenis-jenis pakan di bawah ini:
    1. Lalat buah yang tak dapat terbang.
    2. Jangkrik umur 1-5 hari.
    3. Kecoak Turkish usia 1 – 21 hari.
  2. Enclosure yang sesuai untuk katak tersebut adalah 30x30x45 dengan kondisi yang tidak terlalu rimbun (simple setup) untuk pemantauan yang mudah.
  3. Suhu yang tidak boleh lebih rendah dari 22 derajat atau lebih tinggi dari 30 derajat.
  4. Pemilihan berbagai daun lebar untuk froglet beristirahat layak di pertimbangkan.
  5. Kelembapan harus di jaga di antara 80% hingga 99%.

Jika kalian memiliki pertanyaan maupun hendak memelihara katak-katak hasil breeding Dunia Anura bisa menghubungi Instagram kami maupun nomor WA kami.

Adopsi Rachophorus Reindwardtii disini

Zico Ekel

Zico merupakan penghobi katak yang telah berhasil mengembangkan banyak jenis katak lokal maupun impor di penangkaran.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button