Care Sheets

Philautus Vittiger Care Sheet

Hi Anurans, kami hendak berbagi Philautus Vittiger Care Sheet yang merupakan cara memelihara Golden buble Nest Tree Frog (Philautus Vittiger).

Katak Golden merupakan jenis katak pohon (tree frog). katak ini berukuran kecil dan sangat lucu serta dapat menjadi salah satu alternatif penghuni vivarium kalian. Saat artikel ini ditulis, menurut IUCN, mereka saat ini masih dalam status LC (Least Concern).

Katak Golden sangat rentan saat berada pada penangkaran, perawatan masih tergolong medium-hard dan tidak di rekomendasikan untuk pemula

Ekologi dan Habitat

Golden tree frog merupakan katak yang berasal dari Indonesia dan berasal dari keluarga Rhacophoridae. Katak tersebar di daerah jawa barat dan jawa tengah. Biasanya, di temukan pada ketinggian 950–1,219 m (3,117–3,999 ft).

Morfologi

Golden buble nest, memiliki warna dominasi kuning cerah, walau beberapa di antaranya memiliki corak coklat di bagian punggung, Namun pada usia muda, katak ini berwarna kuning pudar walau beberapa individu, warna kuning cerah ada agak tua sering terlihat.

Katak ini sangat kecil, Panjang tubuh hanya mencapi 2 cm maksimal, dan kebanyakan ada pada kisaran 1-1.5 cm pada usia remaja.

Jenis Kelamin (Sexing)

Untuk menentukan betina maupun jantan, tidak sulit bagi para penghobi maupun pengembang untuk menentukan jenis kelamin. Pada Betina, panjang maupun lebar tubuh lebih terlihat besar melebihi jantan. Sedangkan jantan lebih terlihat kurus ketimbang betina.

Tingkah laku (Behavior)

Katak ini bersifat ARBOREAL atau pemanjat. Ya, karena di kelompokan sebagai katak pohon, philautus vittiger bisa di katakan sebagai katak yang hidup di bagian atas-atas pohon. Mereka memanjat dan jarang sekali terlihat di dasar hutan.

Katak Golden, di natural hidup secara KOMUNAL, memelihara mereka lebih dari satu dalam satu enclosure adalah ide yang baik. Mereka bisa hidup bersama walau dalam pengamatan kami, ketika dalam persaingan makanan ada beberapa individu yang berusaha mendominasi individu yang lain.

Golden tree frog beraktivitas pada malam hari (Nokturnal), sehingga di perlukan cahaya lampu malam (moonlight) agar mereka dapat melihat buruan mereka dengan baik saat pemberian pakan di malam hari.

Panduan pemeliharaan

Philautus Vittiger Care Sheet akan membantu anurans untuk memelihara amfibi tentu kita akan bicara mengenai beberapa point di bawah ini

  1. Enclosure (kandang) bisa vivarium,paludarium,aquarium ataupun riparium
  2. Peralatan pendukung seperti lighting (penerangan), misting/mister (penyemprot air) serta dukungan pendingin enclosure.
  3. Ketahanan pakan (persiapan makanan secara rutin)

Kandang (Enclosure)

Anurans perlu membuat kandang yang ideal agar philautus vittiger dapat tinggal dengan nyaman. Sudah di mention pada bagian awal dari care sheets tutorial ini, mengenai sifat umum dari Golden tree frog yaitu arboreal atau pemanjat.

Menjadi penting untuk membuat enclosure yang memanjang ke atas bukan melebar. Mengapa? karena mereka lebih senang menghuni bagian yang mereka anggap paling tinggi dari batasan dunia mereka.

Tipe Enclosure

Karena katak ini secara alamiah hidup di pepohonan hutan, serta hanya akan mendekati air jika mereka mau bertelur, maka enclosure yang paling tepat adalah jenis Vivarium.

Berbicara ekosistem maka kita merujuk pada pembuatan vivarium bioactive yang terdiri dari berbagai jenis tanaman, micro fauna, sehingga Anurans tidak perlu membersihkan vivarium secara berkala dan membiarkan enclosure berjalan seperti sedianya secara natural.

Maka untuk membangun enclo Vivarium yang baik untuk Golden Tree Frog, sebaiknya memilih tanaman-tanaman yang memiliki karaterisktik di bawah in

  1. Berdaun lumayan lebar, Golden Tree Frog merupakan katak pohon namun bukan berarti mereka suka bertengger pada batang pohon atau ranting pohon. Mereka lebih senang tinggal atau beristirahat di balik dedaunan untuk melindungi diri mereka di saat siang hari dimana matahari sedang bersinar atau di bawah lampu kandang.
  2. Low Light Plants, atau tanaman yang kuat dan dapat tumbuh di bawah sinar yang rendah. Mengingat Golden Tree Frog tidak suka terhadap cahaya yang berlebihan. Hati-hati cahaya yang berlebihan di Vivarium kalian hanya akan merusak kornea dari mata Golden Tree Frog yang dapat membuat mereka menjadi buta. Dengan memilih tanaman-tanaman berdaun lebar, sangat membantu mereka untuk bersembunyi di balik daun saat lampu menyala.

Memutuskan adanya genangan air atau pun tidak

Perhatikan bahwa katak ini tidak begitu pandai berenang sehingga jika anda memutuskan untuk membangun enclosure dengan ada unsur air, Maka anda wajib membuat kolam air tersebut memiliki texture ber-undak untuk membantu katak ini memanjat keluar dari kolam jika mereka tidak sengaja terjatuh di dalam kolam air.

Ratio Enclosure

Ratio adalah sesuatu yang tidak kalah penting ketika anda memutuskan untuk memelihara Golden tree frog di rumah anda. Apa itu ratio ? ratio yang kami maksud adalah ukuran enclosure yang tepat untuk memelihara Golden Tree frog disesuaikan dengan jumlah katak ini dalam sebuah enclosure.

Khusus untuk mereka, kita harus mengkaitkan cara mereka berburu makanan (hunting) dengan ratio yang akan kita tentukan. Perlu di ketahui, bahwa Golden Tree Frog, menangkap mangsa mereka dengan cara melompat (ambush) atau menerkam.

Mereka tidak menggunakan lidah selayaknya sebagian besar jenis Poison dart frog ataupun beberapa katak-katak mikro lokal seperti Javanchorus.

Maka mereka membutuhkan space untuk melakukan perburuan. Menurut pengalaman kami, ruangan yang terbaik untuk seekor Golden Tree Frog adalah minimum 10cm persegi.

Jadi jika kalian ingin memelihara 4 Golden, kalian harus menyediakan kandang 40cm persegi. Kami sudah mencoba dan standar ratio tersebut kami anggap dapat memberikan Golden Tree Frog ruang di saat berburu makanan.

Pencahayaan (Lighting)

Anda sebaiknya menggunakan pencahayaan dari led ketimbang bulb (bulb dapat memanaskan suhu enclosure) dan sebaiknya tidak menggunakan cahaya yang berlebihan ataupun cahaya yang kuat. Pada malam hari teman-teman bisa menggunakan lampu bewarna biru untuk mensimulasikan cahaya bulan yang sangat membantu saat katak lucu ini berburu makannnya.

Parameter pendukung dan berbagai faktor yang harus di hindari

Parameter pendukung masih umum, sama dengan amfibi lainnya yaitu mister, misting dan pendingin kandang. Peralatan-peralatan ini harus dapat menjaga beberapa parameter di bawah ini

  1. Temparatur, Suhu yang tepat untuk memelihara katak lucu ini adalah pada kisaran 24-26c. Pada suhu 27-28c sebetulnya, philautus masih dapat beradaptasi walau tetap memiliki resiko.
  2. Humidity, Tingkat Kelembapan yang baik adalah pada kisaran 80-90%. Sobat anurans dapat me-maintain dengan meminimalisir celah udara,memasang tanaman-tanaman lembab seperti berbagai jenis moss serta menggunakan alat misting maupun mister secara teratur.
  3. PH Air, gunakan air RO atau air tanah dengan PH 7.1-8.3 serta jagalah tingkat kekerasan air kurang dari 100 TDS dengan membatasi pemberian pupuk cair.
  4. Jika anda menggunakan background yang di tempeli oleh Frog Soil, Semaksimal mungkin memastikan bahwa frog soil sudah tertempel dengan baik dan bersihkan seluruh frog soil sisa saat kita setup enclo. Mereka akan merasa sangat terganggu jika tubuh mereka tertempel serpihan soil.
  5. Tingkat Oksigen yang di butuhkan katak ini adalah asupan oksigen normal yang biasanya di dapatkan dari tanaman-tanaman hidup yang sengaja di tanam di bagian enclo.
  6. Jika anda menggunakan enclosure fabrikan, perhatikan bagian atas enclosure fabrikan yang biasanya ada rel kaca plastik atau list plastik. ketika membuka atau menutup tank. Biasanya vittiger akan memilih sudut-sudut tersebut untuk beristirahat. Maka kemungkinan katak tersebut dapat terjepit ketika kita membuka dan menutup pintu.

Diet

Memiliki tubuh yang sangat kecil merupakan tantangan tersendiri bagi pada keeper dalam memilih pakan. Banyak alternatif serangga yang berukuran kecil hingga muat untuk di mangsa katak lucu ini.

Namun yang paling kami rekomendasikan adalah Wing less fruit fly (lalat buah yang tak dapat terbang) karena sifatnya yang selalu merayap dan bergerak dapat memancing golden sehingga mengganggapnya makanan. Beberapa point penting dalam pemberian pakan adalah sebagai berikut.

  1. Durasi pemberian makanan yang terbaik adalah 3 kali seminggu dan berikan 20-30 ekor lalat per 4 ekor Golden tree frog.
  2. Berikanlah kira-kira 10 menit sebelum waktu malam (lampu di matikan) jangan di saat gelap, karena kemungkinan katak ini melompat keluar enclosure tanpa kalian sadari.
  3. Golden tree frog, bukanlah katak yang rakus. Mereka memangsa makanan mereka secara perlahan. Maka perlu di perhatikan agar enclosure tidak memiliki celah kecil yang membuat lalat keluar sebelum di makan.

Sebagai contoh jadwal pakan yang baik bisa mengikuti table di bawah ini

Jadwal pemberian pakan untuk philautus Vittiger

Langkah-langkah persiapan

Jika sobat Amfibi berniat untuk memelihara katak Golden, berikut ini langkah-langkah secara umum untuk sukses merawat katak ini.

  1. Persiapkan enclosure dan biarkan matang (mature) selama 1 bulan untuk menghindari keracunan atau tingkat jamur yang tinggi karena katak Golden merupakan katak yang sangat rentan.
  2. Persiapkan kultur lalat buah yang tidak dapat terbang dan pelajari rotasi pengkulturan kalian hingga lalat buah akan selalu ada untuk di berikan.
  3. Perhatikan dari parameter-parameter yang sudah di bahas kemudian pastikan bahwa semua parameter tersebut sudah tersedia

Jika ketiga point tersebut sudah dipastikan tersedia, maka kalian siap untuk mengadopsi katak lucu Golden Tree Frog (Philautus Vittiger). Semoga Philautus Vittiger Care Sheet dapat membantu anurans ya!

Video Tutorial

Penutup

Silahkan tinggalkan komentar jika ada pertanyaan maupun saran pengembangan artikel Philautus Vittiger Care Sheet ini. Jika kalian tertarik untuk meng-adopsi katak-katak lucu ini, silahkan klik tombol di bawah ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Lihat juga
Close
Back to top button