Other Frogs & Reptiles

Perut api Bombina orientalis

Fakta si perut api Bombina orientalis

Perut api Bombina orientalis di namakan kodok perut api (fire bellied toads) karena corak pada bagian bawah yang berwarna merah/oranye di campur dengan corak hitam menyerupai gambar api yang sedang menyala. Warna aposematic yang mereka punyai sebetulnya memberi peringatan pada pemangsa bahwa mereka tidak enak dan berbahaya (beracun) untuk di santap. Bombina orientalis di golongkan pada keluarga Bombinatoridae dan genus Bombina. Di golongkan toads namun bukan tergolong true toads (Bufonidae) dan lebih ke arah False toads.

Pertahanan diri

ketika merasa terancam, Bombina orientalis akan berdiri dengan cara menggangkat kaki depan hingga predator melihat warna cerah di bagian perutnya. Hal ini memperingatkan predator bahwa mereka beracun. Racun yang dikeluarkan bombina hanya berakibat fatal jika di makan. Karena itu jika Anurans memelihara hewan ini, perhatikan kapasitas kandang harus bagus dan tertutup rapat agar mereka tidak keluar lalu di santap hewan peliharaan kita yang lain contohnya anjing, kucing, dll.

Distribusi perut api Bombina orientalis

Penyebaran Bombina orientalis di utara dan timur Cina,Korea,bagian selatan Jepang dan sebagian Russia. Mereka sering di temukan di air tergenang pada dasar-dasar hutan maupun rawa-rawa yang berada di pedalaman. Mereka hidup di pinggiran sungai,danau dimana air tidak terlalu dalam (cetek).

Morfologi singkat

Bombina orientalis normal memiliki warna corak hijau hitam (dominan hijau) pada bagian punggung (bagian dorsal) dan warna oranye/merah bercampur hitam pada bagian perut. Panjang mereka bisa mencapai 6.5 cm ke atas dan ukuran betina akan lebih besar daripada jantan. Karena itu kami mengklasifikasi mereka sebagai medium frog. Mereka mampu hidup di penangkaran selama dua tahun lebih.

Axanthic Bombina orientalis

Pada genetik Axanthic, Bombina orientalis akan menunjukan warna yang menjurus ke biru muda dengan warna perlut sedikit oranye muda (lebih ke kuning) dengan variasi hitam.

Behavior Perut api Bombina orientalis

Kodok ini tergolong semi arboreal (kadang di atas kadang di bawah) dan tergolong semi aquatic yang menghabiskan hampir sebagian besar waktu mereka di air. Walaupun demikian penempatan kolam tidak boleh terlalu dalam karena mereka bisa saja tenggelam di kolam yang cukup dalam.

Reproduksi

Kodok perut api bereproduksi dengan cara “Inguinal amplexus” dan dapat terjadi dalam beberapa clutch (150 sda 200) telur. Mereka dapat bereproduksi setelah berumur 1 tahun.

Adopsi mereka disini

Zico Ekel

Zico merupakan penghobi katak yang telah berhasil mengembangkan banyak jenis katak lokal maupun impor di penangkaran.

2 Komentar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button