Care Sheets

Nyctixalus Margaritifer Care Sheets

Nyctixalus Margaritifer Care Sheets merupakan panduan untuk pencinta amfibi dalam menangani atau memelihara katak mutiara dengan baik. Goal-nya adalah agar anda dapat merawat katak mutiara (Nyctixalus margaritifer) di vivarium anda di rumah

Kalau Care Sheets sebelumnya kita belajar bagaimana cara memelihara Golden Tree Frog (Philautus Vittiger), kali ini kita akan membahas mengenai Katak Mutiara (dalam inggris: Perl Tree Frog) yang dalam bahasa latinnya “Nyctixalus Margaritifer“.

Mengenal Nytixalus Margaritifer

Katak dari keluarga Rhacophoridae (Katak Pohon) merupakan katak endemik yang mulai terancam habitatnya. N.margaritifer termasuk dalam kategori Vulnerable (rentan) yang ditetapkan oleh IUCN Redlist (2017) ber-dasarkan data assessment IUCN tahun 2004.

Kalau Care Sheets sebelumnya kita belajar bagaimana cara memelihara Golden Tree Frog (Philautus Vittiger), kali ini kita akan membahas mengenai Nyctixalus Margaritifer Care Sheets (katak mutiara-dalam inggris: Perl Tree Frog) yang dalam bahasa latinnya “Nyctixalus Margaritifer“. Katak dari keluarga Rhacophoridae (Katak Pohon) merupakan katak endemik yang mulai terancam habitatnya.

N.margaritifer (katak pohon mutiara) termasuk dalam kategori Vulnerable (rentan) yang ditetapkan oleh IUCN Redlist (2017) ber-dasarkan data assessment IUCN tahun 2004.

Banyak penghobi yang mencoba memelihara Katak ini, namun berakhir dengan kegagalan/kematian katak. Karena itu, mengikuti panduan Nyctixalus Margaritifer Care Sheets, kita akan dapat kesempatan untuk dapat memelihara katak ini dengan baik.

Katak Mutiara sangat rentan saat berada pada penangkaran, perawatan masih tergolong medium-hard dan tidak di rekomendasikan untuk pemula

Asal dan Habitat Nyctixalus Margaritifer

Nyctixalus margaritifer merupakan katak endemik yang berasal dari Indonesia. Penyebarannya di mulai dari daerah jawa barat hingga jawa tengah. Katak ini sering di temukan di Taman Nasional Gunung Halimun Salak dan Taman Nasional Gunung Gede Pangrango

Morfologi

katak Mutiara memiliki ciri khas bercak putih seperti mutiara di seluruh permukaan tubuhnya. Kebanyakan ditemukan berwarna sedikit kecoklatan. Terdapat bintik putih di sepanjang tubuhnya, dan di bagian perut terdapat corak putih. Ujung jari yang pipih memudahkan mereka untuk menempel di pepohonan.1⁄4 bagian Jari,tertutupi oleh selaput renang,serta memiliki SVL 3,98 – 4,44 cm.

Jenis Kelamin (Sexing)

Untuk membedakan kelamin Nyctixalus Margaritifer hanya akan terlihat ketika mereka berusia lebih dari 6 bulan. Pada Betina, katak ini terlihat lebih besar, agak bulat. Sedangkan pada jantan terlihat lebih kecil dan lebih pipih. Perkiraan ukuran Jantan dewasa adalah 30 mm – 33 mm, dan betina ada pada kisaran 31 mm – 35 mm. Katak Mutiara Jantan juga terlihat lebih tenang dan pendiam ketimbang betina.

Tingkah laku dan sosial (Behavior)

Katak Mutiara hanya aktif pada malam hari (Nokturnal). Pada siang hari (waktu lampu menyala di enclosure) katak ini cenderung beristirahat atau tidur di bagian bawah daun. Katak Mutiara, sangat senang memanjat (arboreal). Terkadang mereka turun ke bagian bawah untuk berburu, namun paling sering di temukan di bagian atas Enklo.

Secara Sosial, mereka komunal. Dapat di pelihara lebih dari 1 pada sebuah vivarium, namun pada betina, terlihat teritorial dalam hal persaingan merebut perhatian pejantan.

Cara memelihara katak mutiara (Nyctixalus Margaritifer Care Sheets)

Memelihara amfibi tentu kita akan bicara mengenai beberapa point di bawah ini 

  1. Enclosure (kandang) bisa vivarium,paludarium,aquarium ataupun riparium
  2. Peralatan pendukung seperti lighting (penerangan), misting/mister (penyemprot air) serta dukungan pendingin enclosure. 
  3. Ketahanan pakan (persiapan makanan secara rutin)

Kandang (enclosure) yang tepat untuk Nyctixalus Margaritifer

Pembangunan kandang wajib memperhatikan aspek sifat dasar Katak Mutiara yaitu Arboreal. Enclosure yang di butuhkan adalah enclosure vertikal.

Tipe Enclosure

katak ini secara alamiah hidup di pepohonan hutan. Di temukan banyak pada pepohonan rendah yang berdaun medium. Vivarium adalah enclosure yang tepat untuk memelihara Katak Mutiara”.

Bicara ekosistem,maka kita merujuk pada pembuatan vivarium bioactive. Bioactive yang terdiri dari berbagai jenis tanaman dan micro fauna. Vivarium tidak perlu di bersihkan. Biarkan enclosure berjalan secara natural.

Untuk membangun enclo Vivarium Katak Mutiara, sebaiknya sobat amfibi memilih tanaman yang memiliki karaterisktik Berdaun lebar. Kalian dapat menambahkan batang-batang pohon berukuran sedang. Mereka suka bertengger pada batang pohon atau ranting pohon.

Ketika beristirahat, mereka memilih bertengger di balik dedaunan. Hal ini semata-mata untuk melindungi diri mereka dari cahaya yang menyengat. 

Sobat amfibi juga perlu untuk menyiapkan kolam kecil di bagian bawah enclosure, karena katak ini sangat suka berenang/berendam. Mereka mampu berlama-lama di dalam air bahkan lebih dari 1-2 jam. Katak Mutiara adalah katak yang mahir berenang dan sobat amfibi tidak perlu kuatir akan resiko tenggelam.

Ratio Enclosure

Ratio adalah sesuatu yang tidak kalah penting ketika anda memutuskan untuk memelihara Katak Mutiara di rumah anda. Apa itu ratio ? ratio adalah ukuran enclosure yang tepat untuk memelihara Katak Mutiara. Yang disesuaikan dengan jumlah katak ini dalam sebuah enclosure. 

Khusus untuk mereka, kita harus mengkaitkan cara mereka berburu makanan (hunting) dengan ratio yang akan kita tentukan. Perlu di ketahui, bahwa Katak Mutiara, menangkap mangsa mereka dengan cara melompat (ambush) atau menerkam. Mereka tidak menggunakan lidah selayaknya sebagian besar jenis Poison dart frog ataupun beberapa katak-katak mikro lokal seperti Javanchorus. 

Maka mereka membutuhkan space untuk melakukan perburuan. Menurut pengalaman kami, ruangan yang terbaik untuk seekor Katak Mutiara adalah minimum 20 cm persegi. Jadi jika kalian ingin memelihara 2 pasang Katak Mutiara, kalian harus menyediakan kandang 80cm persegi. Kami sudah mencoba standar ratio tersebut. Katak Mutiara memerlukan ruang di saat berburu makanan dan memberikan mereka teritorial khususnya pada jenis kelamin betina.

Pencahayaan

Pencahayaan yang baik untuk Katak mutiara adalah penggunaan lampu yang bersifat medium-low. Jika harus menggunakan lampu khusus tanaman, sobat amfibi tak perlu kuatir jika enclosure banyak memiliki tanaman yang berdaun lebar.

Tips : Anda sebaiknya menggunakan pencahayaan dari led ketimbang bulb (bulb dapat memanaskan suhu enclosure) .

Pada malam hari (saat mati lampu), teman-teman bisa menggunakan lampu bewarna biru, untuk mensimulasikan cahaya bulan. Hal ini sangat membantu katak Mutiara berburu makanan di malam hari.

Parameter pendukung dan hal-hal yang harus di hindari

Parameter pendukung masih umum, sama dengan amfibi lainnya yaitu mister, misting dan pendingin kandang. Peralatan-peralatan ini harus dapat menjaga beberapa parameter di bawah ini 

Parameter pendukung masih umum, sama dengan amfibi lainnya yaitu mister, misting dan pendingin kandang. Peralatan-peralatan ini harus dapat menjaga beberapa parameter di bawah ini 

Parameter pendukung masih umum, sama dengan amfibi lainnya yaitu mister, misting dan pendingin kandang. Peralatan-peralatan ini harus dapat menjaga beberapa parameter di bawah ini :

Temperatur

Suhu yang tepat untuk memelihara katak lucu ini adalah pada kisaran 22-25c. Pada suhu 26 adalah toleransi terendah pada tingkat suhu yang harus di sediakan. Katak mutiara akan sakit,lemah dan akhirnya mati jika suhu mencapai 27 up.

Humidity

Katak mutiara adalah katak dengan humidity tertinggi. Mereka akan sangat sehat jika tingkat Kelembapan-nya sesuai. Tingkat kelembapan ada pada kisaran 90-99%. Caranya adalah dengan meminimalisir lubang udara,menamam tanaman yang menjaga kelembapan. Seperti berbagai jenis moss. Dan jangan lupa untuk mengaktifkan alat misting maupun mister secara teratur. Teman-teman sebaiknya mengatur misting 2-3 kali sehari dengan durasi masing-masing 60 sampai 120 detik per durasi. Berhati-hatilah saat memutuskan untuk menggunakan Mist maker, karena kabut yang dihasilkan biasanya akan membawa hawa panas pada enclosure.

PH Air

Gunakan air RO atau air tanah dengan kisaran PH 7.1-8.9. Serta jagalah tingkat kekerasan air kurang dari 100 TDS. Dengan cara membatasi pemberian pupuk cair. 

Hindari penggunaan air PAM karena mengandung klorin yang akan membunuh katak Mutiara dalam sekejab.

Jika anda menggunakan background yang di tempeli oleh Frog Soil, Pastikan bahwa frog soil sudah tertempel dengan baik. Bersihkan seluruh frog soil sisa saat kita setup enclo. Katak Mutiara akan merasa sangat terganggu jika tubuh mereka tertempeli oleh kotoran-kotoran soil. 

Tingkat Oksigen 

yang di butuhkan katak ini adalah asupan oksigen yang biasanya di dapatkan dari tanaman-tanaman hidup di Enklo

Katak mutiara adalah katak dengan mental yang mudah stress. . Sebaiknya sobat amfibi menahan diri untuk mengangkat atau mengeluarkan katak dari enclosure, kecuali memang sangat di butuhkan. Pahami bahwa katak mutiara adalah katak yang rentan Dan hanya untuk menjadi hewan peliharaan display saja

Jauhkan enclosure dari sumber-sumber suara bising,karena katak mutiara senang dengan keheningan. Jika suasana sekitar tenang, sobat amfibi akan mendengarkan siulan merdu dari katak ini. Klik link https://dunia-anura.com/product/nyctixalus-margaritifer/ untuk mendengarkan suara Katak Mutiara.

Nyctixalus Margaritifer Care Sheets
400Enclosure katak mutiara yang bertipe tinggi secara vertikal dan terlihat pengembunan untuk mempertahankan kelembapan yang tertinggi.

Diet

Di tilik dari ukuran, Katak mutiara bukan termasuk katak berukuran mikro ataupun katak berukuran besar. Katak mutiara adalah katak yang berukuran medium dengan lingkar abdomen yang tidak begitu besar. Maka diet terbaik untuk katak Mutiara remaja hingga dewasa adalah Jangkirik ukuran S, Kecoak Turkish berukuran medium.

  1. Durasi pemberian makanan yang terbaik adalah 3 kali seminggu dan berikan 2-3 ekor jangkrik per Katak Mutiara. 
  2. Berikanlah pakan, kira-kira 10 menit sebelum lampu di matikan. Jangan di saat gelap, karena kemungkinan katak ini melompat keluar enclosure tanpa kalian sadari. 
  3. Usahakan Enclosure tidak memiliki celah yang memungkinkan jangkrik lari .Bahkan Katak Mutiara jantan (pipih) dapat menyusutkan tubuhnya lalu keluar dari enclosure.

Vitamin dan Deworm

  1. Katak Mutiara hidup baik di dalam kelembapan yang tinggi, resiko terkena bakteri serta parasit sangat tinggi. Maka sebaiknya pemberian deworm untuk membersihkan parasit di dalam tubuh di lakukan per 6 bulan sekali
  2. Dusting calcium,vitamin A,kale bubuk ke pakan yang di sarankan seperti jangkrik ukuran S atau kecoak madagaskar medium.

Demikian Nyctixalus Margaritifer Care Sheets ini kami bagikan untuk memberikan pengetahuan yang baik buat para pencinta amfibi Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button