Info Amfibi

Dendrobates Tinctorius Azureus

Fakta Tinctorius Azureus

Anurans pasti setuju klo saya bilang Dendrobates Tinctorius Azureus ini merupakan katak poison dart frog yang sangat exotic. Iya karena warna biru cerah yang mencolok di barengi dengan patern unik hitam membuat Tinctorius Azureus makin nge-jreng di enclosure kita.

Salah satu varian dari Dendrobates Tinctorius ini, terkenal sangat pemberani dan mudah untuk keluar serta terlihat aktif jika mereka tumbuh dengan perawatan yang benar di Terrarium.

Tinctorius Azureus dapat berusia 10 tahun sampai 15 tahun. Bahkan dapat mencapai 20 tahun lho .. wow !!!. Tinctoris Azureus tidak pelompat tinggi namun hanya melompat-lompat kecil. Menurut situs IUCN, saat ini mereka menyandang status (Least Concern)

Penyebaran Tinctorius Azureus

Tinctorius berasal dari hutan hujan  Sipaliwini Savanna, Suriname dan di sekitaran Brazil Utara. Penduduk lokal mengenal mereka dengan nama Okopipi dan Nama ilmiah dari Tinctorius Azureus adalah berasal dari kata “Azure“yang artinya langit biru.

Morfologi singkat

Azureus memiliki variasi patern dan warna biru yang mereka miliki pun bervariasi, ada yang berawarna biru langit terang, agak kebiru mudaan atau biru gelap. Warna tersebut sering terlihat memudar menjadi biru gelap pada beberapa bagian tubuh terutama pada bagian kaki.

Ukuran betina dapat mencapai sekitar 50mm atau sekitar 5 cm (2 inci) dan pada jantan dapat mencapai 38mm. biasanya bantalan jari-jari kaki akan membentuk hati dan lebih besar daripada betina. Mereka sering berpose membungkung seperti layaknya se-ekor anjing. Salah satu ciri khas yang membedakan antara betina dan jantan adalah lengkungan punggung yang tampak lebih membungkuk dan agak naik daripada jantan.

Behavior

Tinctorius Azureus dalam pose duduk

Dendrobates Tinctorius Azureus aktif pada siang hari (diurnal) , katak ini terus menerus bergerak mencari makan (sangat aktif) dan sering memakan berbagai macam serangga kecil yang dapat masuk ke mulut mereka.

Mereka tinggal di daerah yang dekat dengan air pendek, sering kali di temukan berendam di dalam air. Walau demikian mereka bukanlah perenang yang baik. Kemungkinan drawning ketika ada air yang dalam dan bisa berakibat fatal. Perlu di ketahui, katak ini memiliki dominan yang sangat tinggi pada betina alias galak Anurans.

Mereka cenderung bergulat (frog wrestling) untuk mengusir betina pesaing. Dan ini bisa berakibatkan fatal karena bisa menyebabkan kematian terhadap salah satu betina, kemungkinan karena terbentur sesuatu yang keras saat proses perkelahian. Atau yang kalah bisa saja terintimidasi, stress dan akhirnya mati.

Namun, walau demikian mereka dapat di pelihara secara bersama-sama (comunal) selama sama-sama jantan dan boleh-boleh saja jumlah female lebih dari satu dengan catatan luas enclosure memadai

D.Azureus Comunal

Dendrobates Tinctorius Azureus adalah katak semi arboreal yang lebih ke terestrial karena kebiasaan mereka mencari makanan di serasah hutan (dasar-dasar hutan) namun bukan berarti tidak memanjat atau berada di posisi yang tinggi.

Reproduksi

Ketika hendak kawin, Azureus jantan akan menaiki batu, kayu dan memulai mendengung (calling) hampir tidak terdengar. Si betina yang merespon panggilan tersebut, akan menghampiri si jantan dan mengelus punggung pejantan seakan memberi tahu bahwa mereka sudah siap untuk kawin.

Kemudian si jantan akan melompat kecil dan mencari tempat yang di anggapnya aman dan betina mengikuti dari belakang.

D.Azureus Duni Anura.
D.Azurus jantan menaiki tempat tinggi untuk memulai calling

Setelah melepas telur dan di buahi oleh pejantan, biasanya telur membutuhkan waktu 10-14 hari untuk menetas dan menjadi kecebong lucu. Kecebong akan memakan waktu 60-80 hari untuk mencapai metamorfosis sempurna yaitu seekor froglet (anakan kodok) yang berwarna biru langit nan cerah… sungguuh indah sekali ….

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button