Info Amfibi

Mengenal morp “alanis” pada genus tinctorius.

mari belajar mengenal morp “alanis” pada genus tinctorius. Dendrobates tinctorius “alanis” tersebar luas di wilayah negara Suriname. Hutan hujan tropis yang padat membuat salah satu keluarga Dendrobatidae ini dapat berkembang biak dengan baik. Masyarakat setempat sering menggunakan katak ini untuk mewarnai pakaian (bahan pewarna pakaian) karena memang mereka memiliki warna-warna cerah yang menawan.

Tinctorius Alanis adalah salah satu “morp” dari species Dendrobates tinctorius yang di deklarasi oleh Marcus Bartelds dan menamakannya “Alanis” yang merupakan nama dari putrinya sendiri.

Dendrobates tinctorius “alanis” merupakan salah satu morp yang berwarna kombinasi hitam kuning dan ada yang oranye. Dunia anura memelihara katak ini sejak tahun 2020. Setidaknya ada 5 spesimen saat itu, di tambah lagi 6 spesimen pada tahun 2021.

Morfologi singkat

Dendrobates tinctorius “alanis” terbagi menjadi dua bagian sub morph. Yang pertama di namakan “alanis” yang kedua dinamakan inferalanis. Walau demikian perbedaan tersebut masih dalam perdebatan karena perbedaan tersebut hanya sangat kecil. Alanis dengan mayoritas berwarna kuning di sebut “alanis” sedangkan yang bermayoritas “oranye” adalah inferalanis.

Behavior

T.Alanis, aktif pada siang hari (diurnal) dan dapat di pelihara secara “communal” asalkan mengikuti ratio pemeliharaan. T.Alanis betina sangat agresive terutama dalam musim kawin. Karena itu sebaiknya memelihara mereka dengan ratio M:2 – F:1 minimal. Menurut kami sub morp Tinctorius ini sangat berani melebih morp tinctorius lainnya dan dapat melompat dengan sangat cepat serta tinggi (morp lain tidak melompat setinggi mereka) dan memang dari segi ukuran lebih besar daripada yang lainnya.

Jika Anurans hendak mengadopsi katak lucu ini silahkan klik disini

Beberapa foto Dendrobates tinctorius “alanis” yang di pelihara di Dunia Anura

Zico Ekel

Zico merupakan penghobi katak yang telah berhasil mengembangkan banyak jenis katak lokal maupun impor di penangkaran.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button