Info Amfibi

Malayan Horned Frog, si tanduk yang eksotik

Halo anurans, kembali lagi kita bahas mengenai keluarga Megophrys yang memang terkenal dengan keunikannya dan kekuatan fisiknya untuk beradaptasi dengan enclosure bioactive. Kali ini kita mau bahas mengenai Megophrys Nasuta yang berasal dari pulau borneo Kalimantan dan sebagian negara Malaysia itu. Katak ini di sebut juga sebagai “The long-nosed horned frog” ada juga yang menyebutnya dengan “The Malayan horned frog” atau “Malayan leaf Frog“.

Penyebaran/Disribusi

Tersebar di dataran rendah Pulau Kalimantan baik wilayah Indonesia maupun di wilayah Malaysia, katak ini juga di temukan di seputaran negara-negara asia seperti Thailand. Walau demikian, katak ini juga di temukan di daerah pegunungan. Status dari IUCN masih Least Concern atau Stabil

Morfologi Malayan Horned Frog

Malayan Horned Frog memiliki tubuh gemuk/gempal namun lengan dan kakinya sangat ramping dan terkesan lemah untuk menopang/menyangga tubuhnya. Kepala sangat besar dari badan mereka dan berbentuk rata dengan tubuh. Ujung mulut dan kelopak mata atas memiliki tonjolan kulit berbentuk segitiga dan terlihat seperti tanduk.

Malayan Horned Frog
Foto bagian atas Megophrys Nasuta

Behavior

Kebiasaan unik dari katak ini adalah bersembunyi di bawah serasah hutan untuk menunggu serangga, siput atau mungkin katak jenis lainnya yang datang dalam jangkauan lidahnya. Warna tubuh mereka mengikuti dengan lingkungan sekitar mereka tinggal untuk melakukan kamuflase. Beberapa di antara mereka berwarna agak gelap, namun sebagian besar berwarna daun kering (leave litter) yang kita tau bersama memenuhi dasar hutan tropis.

Megophrys Nasuta

Mereka berkembang baik dengan cara amplexus dan di lakukan saat musim penghujan tiba.

Berikut ini adalah suara Jantan katak eksotik dari borneo ini. Jantan sering berbunyi saat musim penghujan datang untuk memberi tahukan kepada betina bahwa mereka siap untuk membuahi telur. Telur biasanya di tempatkan di pinggir sungai yang tergenang atau memiliki arus yang tidak terlalu keras. Sehingga tadpoles bisa berkembang dengan aman.

megophrys nasuta step by step
Megophrys Nasuta step by step

Jika Anurans hendak mengadopsi katak-katak gempal nan unik ini silahkan klik di sini

Zico Ekel

Zico merupakan penghobi katak yang telah berhasil mengembangkan banyak jenis katak lokal maupun impor di penangkaran.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button