Care Sheets

Litoria Rubella Care sheet

Halo guys, kali ini kita akan membahas mengenai caresheet Litoria Rubella yang saya sebut juga sebagai micro dumpy ini. Pemeliharaan katak ini tidaklah terlalu sulit sehingga cocok banget buat pemula.

Saya akan memulai bahas dari 3 unsur penting pemeliharaan. Suhu, kelembapan dan tentu saja pakan.

Katak Litoria Rubella merupakan katak yang sangat kuat dan cepat beradaptasi. Sangat saya rekomendasi untuk pemula. Setelah melakukan banyak pengujian suhu, Dunia anura dapat mengeluarkan range suhu yang dapat di tolelir oleh katak ini. Sekali lagi saya bukan ilmuwan tapi penghobi yang melakukan research terlebih dahulu. Semoga care sheet ini berguna ya Anurans!

Setup Kandang

Untuk awal-awal pemeliharaan sebaiknya teman-teman memikirkan untuk setup kandang yang sesuai untuk mereka. Katak ini memang tidak rewel dari sisi kandang seperti yang kita tau mereka di temukan kadang di tempat-tempat dekat manusia hidup seperti deket keran air, wastafel, dll. Namun berbeda jika kita hendak memeliharanya di tempat terbatas seperti enclosure kaca (terrarium/vivarium).

Lighting 

Pencahayaan yang sempur untuk mereka adalah 12 Jam penyinaran. Pilihlah lampu yang memiliki efek hangat (tidak panas) 7500-10000 Kelvin, untuk membentuk Temperatur dan Humidity Gradient. Di saat lampu enclo menyala, anda akan melihat katak ini sering nongkrong di pinggir-pinggir kaca bagian atas yang dekat lampu. Mengapa ? ya karena mereka senang dengan kehangatan. Kecuali suhu di frog room kalian sudah mencapai suhu yang lumayan tinggi. 

Ratio Kandang

Litoria Rubella Care Sheet

Litorial Rubella adalah katak yang aktivitasnya moderat dan tipe hunter yang baik ketika mencari mangsa. Mengingat behavior aktif tersebut, maka 15 cm per ekor katak sangat kami anjurkan. sebagai contoh untuk ukuran 30x30x45 cm (ukuran terkecil) kalian dapat memelihara sepasang katak Litoria rubella ataupun 2 atau 3 ekor dengan jenis kelamin yang sama. Perhitungan bisa di mulai dari tinggi 45 cm/15 = 3 ekor katak. Kenapa dihitung tinggi karena katak ini arboreal.

 

 

Material

Litoria Rubella Care SheetLitoria rubella tergolong katak perpaduan terestrial dan arboreal (semi arboreal) hal ini tampak dalam masa pemeliharaan kami yang sudah bertahun-tahun. Karena itu penggunaan kayu-kayu seperti kayu sentigi, frankenstein, dan berbagai kayu-kayu lainya yang di rekomendasi aman untuk katak menjadi suatu kebutuhan yang sangat penting dan bisa saya katakan wajib di adakan. Kondisi kayu haruslah meninggi keatas karena behavior Litoria Rubella adalah beristirahat di bagian-bagian atas. Perilaku ini tampaknya karena ukuran tubuh yang tergolong micro, memaksa mereka; secara naluri untuk menempati bagian-bagian teratas yang tersembunyi di dalam enclosure untuk menghindari pemangsa.

Feeding 

Untuk pemberian makan ada beberapa hal yang harus di perhatikan 
 
  1. Ukuran pakan 
  2. Gizi pakan 
Gizi pakan harusnya seimbang apalagi jika anda hanya memberikan dia satu jenis serangga saja, misalnya Jangkrik. Asupan gizi tidak akan seperti dimana dia di alam. Banyak mineral dan vitamin yang di butuhkan litoria Rubella, apalagi sebagai katak pemain atas;dan tentu saja sangat aktif, Litoria Rubella harus memenuhi  kebutuhan calcium yang sangat tinggi.
 
Untuk pakan yang sesuai dengan Litoria Rubella sebaiknya kita memlihkan pakan hidup (tidak bisa mati) karena Litoria Rubella hanya akan menggangap apa yg bergerak dan bisa dia mangsa adalah pakan. Serangga yang bisa dia makan adalah sebagai berikut :
 
  1. Gryllus sp (Jangkrik Alam)
  2.  Blatta lateralis (Kecoak Turkish)
  3.  lesser mealworm (Ulat Kandang) 
  4. Tenebrio molitor (Ulat hongkong)
  5. Zophobas morio (Ulat German)

Jadwal Diet

Minimum standard pemberian pakan yang baik adalah 3 kali seminggu (minimal) atau dapat mengikuti tabel di bawah ini, tabel ini merupakan acuan pemberian makan di Dunia Anura. 

Litoria Rubella Care Sheet

Bioactive 

Enclosure harus lah bersifat bioactive. Karena itu sangat di perlukan pengaturan false bottom  yang sesuai dan memiliki lapisan standard bioactive (ini nanti saya buat thread di forum).  Kemudian cleaning crew adalah satu standard kewajiban karena katak ini cukup kuat klo makan sehingga kotoran yg di hasilkan lumayan banyak. 

Suhu dan kelembapan 

Agar dapat bertumbuh dengan baik sebaiknya Anurans memastikan bahwa suhu yang di capai minimum adalah 22 derajat celcius dan maximum adalah 30 derajat celcius (suhu ruang rata-rata di Indonesia).  Sedangkan kelembapan yang paling sesuai adalah 80 Persen  (99 persen tidak terlalu di anjurkan walaupun tidak akan menjadi masalah serius). 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button