Care Sheets

Hylarana signata care sheet

Memelihara spotted stream frog

Hylarana signata care sheet adalah uraian lengkap atau panduan lengkap untuk memelihara katak yang berwarna eksotis ini. “spotted stream frog” adalah katak yang sangat mudah di pelihara karena kemampuan adaptasi yang luar biasa. Katak ini berasal dari daerah pulau Sumatera maupun pulau Kalimantan. Adapun katak ini sangat rajin berbunyi sehingga menjadi pilihan terbaik buat para pemula maupun penggiat katak hias di Indonesia.

Suhu/Temperatur

Memelihara Hylarana signata pada temperatur yang sesuai sangat di rekomendasikan ada pada kisaran 22 derajat celcius hingga 29 derajat celcius. Walaupun saya telah mencoba mereka pada suhu mendekati suhu ruang Jakarta (28-31), namun sebaiknya di pelihara di kisaran 24 sda 26 derajat untuk memastikan mereka tumbuh dengan sempurna dan sehat.

Berikut di bawah ini kami sertakan hasil pengujian pemeliharaan Hylarana signata di dunia anura frog room

Tabel perbandingan hasil pemeliharaan hylarana signata pada tingkat suhu tertentu.
Tabel perbandingan hasil pemeliharaan H.signata dengan ukuran suhu

Kelembapan/Humidity

Mengingat habitat asli dari katak ini adalah pinggiran sungai yang sangat lembab, maka salah satu yang harus di perhatikan adalah tingkat kelembapan yang harus sangat pekat. Kelembapan membantu katak ini untuk dapat bernafas dan minum melalui pori-pori kulit mereka. Katak ini adalah katak yang sangat aktif (Nokturnal) sehingga katak ini membutuhkan kelembapan yg sangat tinggi.

Kalian dapat menggunakan misting system secara otomatis. Durasi yang terbaik untuk melembabkan katak hylarana signata adalah 5 kali penyemprotan sehari dengan durasi 30 detik.

Tabel perbandingan hasil pemeliharaan H.Signata berdasarkan kelembapan

Kedua faktor suhu maupun kelembapan adalah penting dan di jadikan mandatori. Katak dapat saja mati jika berada pada ukuran suhu yang sangat tidak di rekomendasi.

Enclosure (kandang) – Hylarana signata care sheet

Adalah ide yang baik jika kita mengikuti setingan kandang yang sesuai dengan H.Signata. Seperti yang sudah saya mention pada bagian suhu maupun kelembapan, maka kandang harus di setting agar dapat mendukung syarat-syarat suhu maupun kelembapan yang baik dan sesuai.

Tipe kandang

Hylarana signata care sheet
Fitur air sangat di anjurkan dalam memelihara katak-katak lucu ini.

Adapun tipe kandang yang terbaik adalah jenis kandang Riparium,Paludarium maupun vivarium. Namun mengingat katak ini adalah semi arboreal (kadang di bawah kadang di atas) maka sebaiknya kandang berbentuk meninggi ketimbang melebar. Anurans dapat membeli enclosure dengan tinggi yang di inginkan disini. Penempatan kolam-kolam kecil atau biasa di sebut water feature sangat di rekomendasikan. Kita bisa membuat filtrasi air dengan kucuran air rendah untuk aliran air. Anda akan melihat katak ini duduk-duduk santai di bagian-bagian pinggir kolam sesuai dengan habitatnya. Pinggir-pinggir kolam sebaiknya di sediakan batu-batu untuk mereka beraktifitas.

Hyalarana signata merupakan katak pemalu sehingga hiding place untuk mereka bersembunyi harus di adakan oleh keeper. Hiding place bisa berbentuk gua,kayu berlubang hingga tanaman yang padat.

Ratio Hylarana – signata care sheet

Hylarana signata care sheet

Katak ini sedikit memiliki teritorial walaupun mereka dapat di pelihara secara bersama-sama (communal) maka paling bagus untuk memelihara dengan ratio per 20 cm untuk satu ekor katak.

Perhatikan dari sisi jantan mungkin saja menyerang jantan lainnya dan sifat-sifat ini bisa saja muncul tergantung dari per-individual katak. Sebelum mengadopsi katak ini, sebaiknya meminta Tim Dunia Anura untuk memilihkan katak yang sudah di tangkar secara bersama-sama (communal).

Pencahayaan Hylarana – signata care sheet

Pencahayaan sebaiknya menggunakan lampu led agar tidak menimbulkan panas berlebihan di dalam kandang. Kalian dapat membeli lampu-lampu yang memiliki spektrum lengkap untuk tanaman-tanaman di dalam kandang. Beberapa jenis lampu yang sesuai dapat di temukan disini.

Pencahayaan sebaiknya di mulai dari 12 jam sehari sehingga katak dapat beristirahat untuk 12 jam (saat lampu menyala) dan aktif selama 12 jam (saat lampu mati).

Diet/Feeding time

Diet yang terbaik untuk katak ini adalah jangkrik ukuran menengah maupun kecil (2cm sda 4cm). Dusting terlebih dahulu dengan berbagai suplemen sangat di butuhkan. Beberapa produk calcium dapat kalian temukan disini. Beberapa tehnik gutload juga sangat di rekomendasi. Gutload jangkrik dengan kentang (karbohidrat) maupun wortel (Vitamin A – 1 minggu sekali) untuk proses breeding. Waktu pemberian makan yang baik adalah pada waktu malam hari karena malam hari adalah dimana katak Hylarana signata aktif. Hal ini di maksudkan agar jangkrik semaksimal mungkin di santap seluruhnya, hingga tidak memberi kesempatan pada serangga ini untuk merusak tanaman di dalam enclosure pada saat katak tidur (Lampu menyala).

Hylarana signata care sheet

Untuk memelihara (adopsi) silahkan klik disini

Zico Ekel

Zico merupakan penghobi katak yang telah berhasil mengembangkan banyak jenis katak lokal maupun impor di penangkaran.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button