Poison Dart Frogs

Golfodulcean poison frog

Pada kesempatan ini, saya akan membahas mengenai Phyllobates vittatus yang biasa di sebut sebagai Golfodulcean poison frog atau Golfodulcean poison-arrow frog.

Genus Phyllobates memang salah satu genus yang terdiri dari berbagai katak yang sangat beracun di dunia. Nah species ini merupakan urutan ke -4 yang paling beracun di Dunia. Dengan ukuran yang sangat kecil, agaknya species ini sangat menakutkan karena mampu mengeluarkan racun mematikan yaitu neurotoxic alkaloid.

Racun di hasilkan dan keluar lewat kulit mereka. Hal ini lah yang menjadikan P.Vittatus di jadikan senjata oleh suku-suku asli Amerika Selatan. Racun mereka dapat menyebabkan kelumpuhan parah dan terasa sangat sakit.

Distribusi dan penyebaran

Phyllobates vittatus tersebar di daerah kostarika. Sering di temukan di dataran rendah hutan tropis. Mereka hidup berkelompok. Walaupun demikian, jenis ini sedikit banyaknya terancam karena sering di buru untuk di jadikan hewan peliharaan.

Morfologi singkat Golfodulcean poison frog

Vittatus lumayan besar lho, ukuran mereka bisa mencapai 3.5 cm SVL dan pada betina ukuran akan lebih besar sedikit ketimbang jantan.

Di bagian punggung biasanya ada corak yang menyerupai anak panah berwarna merah sampai kuning (tergantung morp). Di bagian kaki terdapat corak biru hitam yang menawan. P.vittatus memiliki corak indah yang sangat indah.

Ada dua morfologi yang saat ini di kenal oleh para penghobi yaitu Narrow Banded (Copper) dan Narrow Banded (Yellow).

Behavior

Walau species ini tergolong sangat pemalu, namun setingan kandang yang tepat akan membuat mereka tetap terlihat. Kita akan bahas nanti di forum dunia anura ya .. Mereka lebih ke terestrial ketimbang semi arboreal. Walau ada beberapa waktu kita dapat melihat mereka naik ke tempat yang lebih tinggi untuk memulai calling.

Golfodulcean poison frog

Species ini dapat di pelihara secara communal, di alam mereka hidup secara bersama dan berkelompok.

Adopsi Golfodulcean poison frog

Jika Anurans tertarik untuk mengadopsi katak ini, bisa klik disini dan jangan lupa pastikan care sheet sudah di baca ya.

Zico Ekel

Zico merupakan penghobi katak yang telah berhasil mengembangkan banyak jenis katak lokal maupun impor di penangkaran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button