Care Sheets

D.tinctorius “alanis” care sheet

Salah satu morp yang dahsyat dari species “tinctorius” adalah Alanis. Seperti yang kita tau nama alanis sendiri adalah nama dari anak perempuan dia yaitu Alanis. D.tinctorius “alanis” care sheet di pergunakan untuk mempelajari cara memelihara salah satu morp yang terkenal kuat di kelas “Tinctorius”.

Behavior tinctorius “alanis”

Selama di dalam penangkaran kami selama berbulan bahkan tahunan. Dunia anura menyimpulkan bahwa morp “Alanis” rata-rata merupakan species yang sangat aktif bahkan lebih aktif ketimbang morp “Citronella“. Mereka juga melompat sangat tinggi dan mudah terkejut ketika ada intervensi manusia (ini relatif). Mereka aktif pada saat lampu mulai menyala, sebagai diurnal penyinaran lampu sebaiknya memiliki intensitas 12 jam per harinya. Hal ini di tujukan untuk menstabilkan metabolisme tubuh mereka.

Social behavior di penangkaran

Tinctorius alanis bisa di pelihara komunal dengan syarat di masukan secara bersama-sama. Namun seperti keluarga Tinc lainnya, mereka termasuk katak yang territorial dan sering terlihat “wrestling” saat menunjukan dominansi ataupun perebutan betina ketika memasuki usia berkembang biak.

Oleh karena itu aspek Ratio sangat di butuhkan dengan komposisi 2 male serta 1 female dimana ratio terbaik adalah 10 cm per satuan ekor individu katak.

Enclosure D.tinctorius “alanis” care sheet

Dendrobates tinctorius "alanis" care sheet

Enclosure yang di sarankan tentu saja adalah bioactive enclosure dengan tipe “terrarium” maupun vivarium. Katak ini menghasilkan kotoran yang lumayan besar sehingga jika tidak bioactive tentu akan sangat merepotkan keeper.

Enclosure yang di buat harus memiliki tanjakan, karena mereka sering sekali terlihat memanjat. Bahkan tidur di bagian-bagian atas untuk perlindungan di saat lampu mati (malam hari). Untuk memelihara mereka di dalam kandang kaca, kami sudah menyediakan beberapa pilihan ukuran enclosure dengan berbagai brand. Silahkan klik disini.

Ratio pemeliharan

Dendrobates tinctorius "alanis" care sheet

Ratio yang sangat baik adalah berikisar 20 cm per ekor katak. Gampang hitungnya, berarti 45x45x60cm baik untuk memelihara dua ekor dari mereka. Atau bisa di toleransi 3 ekor untuk ratio breeding (1 female – 2 male). Mengingat mereka adalah katak yang sangat aktif sehingga wajib kita memberikan ruang buat mereka berkegiatan explorasi.

Environment D.tinctorius “alanis” care sheet

Adapun nilai lingkungan yang sangat penting untuk di jaga ada di dua variabel berikut

Suhu pemeliharaan

Suhu yang tepat dan baik untuk memelihara mereka merujuk pada suhu pemeliharan keluargan “Tinctorius pada umumnya” yaitu kisaran 21 C sampai dengan 26 C. Pada pengalaman kami, mereka masih bisa hidup sehat maximum pada kisaran suhu 28 C. Drop suhu pada malam hari adalah sangat penting, sebaiknya ada gradien suhu yang memiliki perbedaan tinggi antara siang dan malam hari.

Variabel Kelembapan

Tingkat humidity yang aman untuk memelihara mereka ada di kisaran 70 persen sampai dengan 99 persen. Di bawah angka tersebut berarti memiliki resiko yang sangat berbahaya dan mengancam nyawa mereka. Penting bagi kita untuk membeli Hygrometer sehingga tingkat kelembapan bisa terpantau.

Diet (feeding) D.tinctorius “alanis” care sheet

Beberapa kombinasi pakan sangat di butuhkan, selama di pelihara di enclosure mereka tidak mendapatkan gizi sebagaimana mereka hidup di alam bebas. Karena itu Anurans perlu mengkombinasikan beberapa asupan Multi vitamin misalnya Repashy calcium plus. Di Indonesia saat ini kalian sudah dapat membeli pakan utama mereka yaitu Drosophila Melanogaster (Flight less fruit fly). Springtail maupun isopoda bisa menjadi cemilan mereka terutama untuk kebutuhan protein yang tinggi pada kandungan berbagai jenis isopoda.

Khusus untuk Anurans yang tidak menggunakan lampu UVB, maka pemberian calcium + D3 sangat di anjurkan. Kami menyediakan produk Zoomed dengan calcium + D3. Banyak penyakit maupun cacat tubuh yang dapat terjadi jika vitamin ini tidak terpenuhi. Contohnya adalah MBD dan kelemahan tulang baik pada tangan maupun kaki.

Kekurangan Vitamin A dapat menyebabkan STS (Sindrom lidah pendek ataupun lengket) membuat mereka tidak dapat menangkap lalat dengan normal. Hal ini sangatlah fatal mengingat mereka adalah katak yang terus menerus aktif dan membutuhkan asupan makanan yang teratur. Kami menyediakan Repashy vit A yang terbukti dapat mencegah maupun mengobati penyakit ini.

Yang terakhir adalah kesehatan kulit mereka. Karena salah satu keunggulan species Poison dart frog adalah warna mereka yang cerah dan solid, maka kita dapat juga menjaga kulit mereka untuk tetap cerah dan indah. Penggunaan produk Repashy Super Pig dapat meningkatkan kesehatan kulit dan berbagai vitamin lainnya.

Senin SelasaRabu KamisJumatSabtuMinggu
Lalat buah + Calcium D3Lalat buah + CalciumLalat buah + Calcium Lalat buah + Repashy Calc PlussLalat buah + Repashy Vit A
Lalat buah + Calcium D3Lalat buah + CalciumSpringtail
Isopod
Lalat buah + Repashy Calc Pluss
Lalat buah + Calcium D3Lalat buah + CalciumSpringtail
Isopod
Lalat buah + Superpig
Lalat buah + CalciumSpringtail
Isopod
Lalat buah + Repashy Calc PlussLalat buah + Calcium D3
Contoh table pemberian pakan yang tepat, pemberian vitamin yang rutin di perlukan untuk perkembang biakan dan terhindar dari berbagai penyakit katak.

Jika kalian hendak memelihara (adopsi) katak Dendrobates tinctoirus “alanis”, segera hubungi kami. Dengan senang hati kami akan melayani kalian, silahkan klik di sini . Demikianlah D.tinctorius “alanis” care sheet di buat, silahkan komentar jika ada pertanyaan ya …

Zico Ekel

Zico merupakan penghobi katak yang telah berhasil mengembangkan banyak jenis katak lokal maupun impor di penangkaran.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button