Other Frogs & Reptiles

Chubby frog, lucu dan mudah di pelihara

Chubby frog atau di kenal dengan sebutan “banded bull frog adalah katak semi Aquatic yang lucu dan aman untuk dipelihara. Mereka berasal dari keluarga Microhylidae (microhylid – narrow-mouthed frog). Mereka juga di sebut sebagai “painted frog” karena corak di punggung seperti di lukis. Di alam bebas mereka sering di temukan di daerah-daerah dekat dengan air. Seperti sawah, rawa-rawa atau di dasar-dasar hutan.

Distribusi chubby frog

Katak ini tersebar luas di daerah Indonesia, Malaysia, Bangladesh, Kamboja , China, Hong Kong, India, Laos, Myanmar, Nepal, Singapura, Thailand, Viet Nam termasukĀ Filipina.

Morfologi singkat

Bagian punggung berwarna coklat tua dan terdapat corak kekuningan membentang di bagian pinggir punggung yang sering di temui di species ini. Pada laki-laki tenggorokan di temukan berwarna hitam. Jantan mencapai 54-70 mm SVL , dan pada betina 57-75 mm SVL.

Behavior Chubby frog

Perilaku unik dari katak ini adalah ketika menghadapi ancaman. Ketika ancaman muncul, maka katak dapat mengembungkan dirinya sehingga membentuk bulat dan terlihat lebih besar untuk menakuti pemangsa. Mereka juga memiliki racun yang menyerupai lem keluar dari tubuh mereka. Racun ini tidak berbahaya untuk manusia.

Mereka juga sering terlihat menguburkan diri (burrower) sambil mununggu hujan.

Adopsi

Jika anurans berminat untuk mengadopsi mereka, hubungi admin kami dan silahkan klik di link ini

Zico Ekel

Zico merupakan penghobi katak yang telah berhasil mengembangkan banyak jenis katak lokal maupun impor di penangkaran.

4 Komentar

  1. Hallo ka mau tanya, untuk katak ini bagusnya di beri makan untuk seminggu berapa kali? Jumlah porsinya sebanyak apa ya bagusnya?
    TrimakasihšŸ™

Back to top button