Micro FrogPoison Dart Frogs

Blessed poison frog

Blessed poison frog merupakan nama lokal dari Ranitomeya benedicta berasal dari negara Peru benua Amerika. Di temukan tersebar di hutan rendah (low land). Mereka adalah salah satu poison dart frog yang tersebar luas dan dalam jumlah yang besar. Walau demikian, di alam mereka sangat sulit di temui. Mungkin karena sifat mereka yang naik ke bagian atas pohon dan perlu di ketahui, telur mereka tidak banyak. Hanya setidaknya 3 butir telur atau bahkan hanya 2 dalam 1 clutch.

Morfologi singkat

Katak unik ini tergolong sangat kecil yaitu hanya sekitar up 20,2 mm svl. Katak ini mudah di indentifikasi dengan warna merah pada bagian kepala (kadang agak oranye) dengan warna hitam pada bagian mata yang menyerupai kaca mata. Pada bagian perut,tangan dan kaki berwarna corak kebiruan yang indah dan menawan.

Katak ini tidak serentan kelihatannya, mereka cukup kuat dan tangguh asal di rawat dengan benar.

Mereka di kenal dengan dua jenis morp , pampa hermosa dan shucushuyacu. Dunia anura memiliki morp kedua dan berhasil menangkarkan mereka di penangkaran.

Behavior/perilaku

Perilaku dari katak unik ini sangat lucu dan menarik. Katak ini dapat melompat dengan cepat ketika kita membuka pintu saat memberi makan, karena itu harus penghobi sebaiknya berhati-hati dalam penanganan Benedicta. Ranitomeya benedicta sering sekali terlihat beristirahat dan aktif di bagian-bagian atas terrarium maupun vivarium.

Walaupun kecil mereka gesit dan dapat memangsa berbagai jenis serangga kecil yang di tawarkan penghobi.

Katak ini bersifat arboreal, sehingga mereka adalah pemanjat ulung. Menarik untuk di ketahui, setelah telur berhasil di buahi lalu menetas, benedicta jantan akan mengendong kecebong dan menaruhnya di tanaman-tanaman yang dapat menciptakan genangan air. Misalnya Bromelia.

Benedicta di bromelia

Social Behavior Blessed poison frog

Mereka dapat hidup bersama-sama (comunal) dan tidak memiliki teritorial seperti tinctorius. Walau terkadang terlihat adanya tindakan agresif di antara mereka, namun masih termasuk aman asalkan ratio kandang memadai dan benar.

Adopsi blessed poison frog

Sebelum mengadopsi katak indah ini, sebaiknya anurans menghubungi kami terlebih dahulu untuk memastikan kesiapan untuk memelihara mereka. Klik disini untuk adopsi Ranitomeya benedict

Zico Ekel

Zico merupakan penghobi katak yang telah berhasil mengembangkan banyak jenis katak lokal maupun impor di penangkaran.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button